Mahasiswa Tekling UTS Gali Pengalaman Menjadi Konsultan di PT. CIAS

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. Teknik Lingkungan
  6. /
  7. Mahasiswa Tekling UTS Gali Pengalaman Menjadi Konsultan di PT. CIAS

Sumbawa, 31 Desember 2023 – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mengembangkan inovasi dalam dunia pendidikan tinggi melalui Program Studi Independen Bersertifikat. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan yang lebih mendalam kepada mahasiswa, dengan fokus pada topik pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan industri.

Salah satu contoh kesuksesan dari program ini datang dari Nurul Mutmainnah, mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan di Fakultas Teknologi Lingkungan dan Mineral, Universitas Teknologi Sumbawa. Nurul telah menyelesaikan studi independennya di PT. Cipta Konsultan Internasional (CIAS) yang berbasis di Jakarta. Menariknya, program ini dilaksanakan secara daring, memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi para mahasiswa untuk mengaksesnya.

Studi independen yang dijalani oleh Nurul, mulai dari tanggal 14 Agustus hingga 31 Desember 2023, menitikberatkan pada bidang Business Development Mastery. Dalam perannya sebagai konsultan, Nurul membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan performa dan pengembangan usahanya.

Business Development Mastery memberikan pembelajaran sistematis dengan tujuan mahasiswa menguasai seluruh proses dari tahap strategis hingga taktis melalui praktek langsung dengan UMKM. Pembelajaran ini terfokus dan efisien, dengan mahasiswa dibagi ke dalam kelompok proyek untuk membantu UMKM dalam meningkatkan performa bisnis mereka. Proses pembelajaran dibagi dalam dua fase, melibatkan kelas plenary, enrichment, dan sesi mentoring, memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar bersama konsultan berpengalaman.

Menyampaikan pengalamannya, Nurul mengungkapkan bahwa studi independen di CIAS memberinya pelatihan untuk berpikir out of the box dalam menciptakan solusi dan ide inovatif. Hal ini bukan hanya merangsang berpikir kritis dan kreatif, tetapi juga memberikan persiapan yang baik untuk memasuki dunia kerja.

Terima kasih disampaikan oleh Nurul kepada Universitas Teknologi Sumbawa atas kesempatan belajar ini. Dia juga memberikan apresiasi kepada coach, mentor, serta dosen pembimbing yang telah mendukungnya selama menjalani program ini. Keberhasilan Nurul menjadi contoh inspiratif bagi mahasiswa lainnya untuk menjelajahi potensi mereka melalui program studi independen bersertifikat ini.