Program Studi

Deskripsi Program Studi

Jurusan Teknik Lingkungan adalah bidang ilmu yang mempelajari berbagai permasalahan lingkungan dan solusinya seperti konservasi sumber daya air, pengelolaan lingkungan, pengendalian pencemaran akibat limbah dan lainnya. Contoh permasalahan lingkungan yang sering kita temui saat ini misalnya pencemaran udara dan air di area industri, kurangnya akses air bersis di pemukiman padat penduduk, atau timbunan sampah yang tidak tertanangani dengan baik.

Selain belajar untuk mengatasi permasalah tersebut , kamu juga belajar memprediksi masalah lingkungan yang berpotensi timbul di masa depan, dan berupaya untuk melakukan usaha pencegahannya. Quipperian yang berkuliah di jurusan ini juga akan diarahkan untuk bisa menyelesaikan masalah lingkungan dengan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kerja manusia, dan meminimalisir human error.

Prospek Kerja

Hampir seluruh sektor membutuhkan tenaga ahli lingkungan, mulai dari pertambangan, perkebunan, sampai industri makanan dan minuman. Perusahaan-perusahaan biasanya membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan untuk mengelola limbah, mengolah air, juga memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja.

Di sektor pemerintahan misalnya di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kelautan, dan juga kantor-kantor dinas di tingkat provinsi atau kabupaten kota.

Lalu di sektor swasta sangat banyak perusahaan besar yang membutuhkan lulusan Jurusan Teknik Lingkungan. Beberapa bidang industri tersebut seperti pertambangan, perminyakan, makanan, tekstil, petrokimia, dll. Adapun nama perusahaannya seperti PT Pertamina, Antam, PT Adaro Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Chevron Pacific Indonesia, PT Krakatau Steel, dll.

Visi, Misi dan Tujuan Prodi Teknik Lingkungan UTS

Visi

“Menjadi program studi yang andal dalam pengembangan teknologi rekayasa dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan berbasis potensi unggulan daerah.”

Misi

  1. Meningkatkan penguasaan dan pengembangan teknologi rekayasa
    lingkungan berkelanjutan melalui kegiatan tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Mencetak Sumber Daya Manusia yang mampu berkontribusi dalam
    peningkatan kualitas Sumber Daya Alam yang berwawasan lingkungan.
  3. Menjalin kemitraan dengan instansi pemerintah dan swasta/ industri dalam pengelolaan potensi unggulan daerah dan permasalahan isu lingkungan.
  4. Mewujudkan tata kelola yang prima dalam upaya menciptakan good
    university governance.

Tujuan

  1. Menyelenggarakan Pendidikan bermutu yang didukung oleh suasana
    akademik yang kondusif, nyaman dan menyenangkan.
  2. Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang memiliki soft skill dan hard skill yang dibutuhkan oleh pasar kerja di era industri 5.0.
  3. Mendesiminasikan hasil penelitian berbasis teknologi berwawasan
    lingkungan berkelanjutan untuk berkontribusi dalam upaya peningkatan potensi unggulan daerah dan memberikan solusi atas permasalahan isu lingkungan.
  4. Membangun jejaring kemitraan yang mampu menunjang pelaksanaan tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Menerapkan tata kelola yang prima untuk mewujudkan program studi yang kompeten dan professional.

Profil Program Studi Teknik Metalurgi

Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Metalurgi