Program Studi

Deskripsi Program Studi

Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip keilmuan fisika, matematika dan kimia serta proses enjiniring untuk menjelaskan secara terperinci dan mendalam fenomena-fenomena proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, fenomena-fenomena proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. Ketiga ilmu dasar sains digunakan dalam mengembangkan tiga sektor dasar dalam Body Knowledge Metalurgi yang meliputi Metalurgi Kimia, Metalurgi Fisika dan Enjiniring Proses.

Prospek Kerja

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa digeluti di masa depan. Salah satu jenis pekerjaannya adalah menjadi manager produksi industri baja atau besi. Selain itu, lulusan teknik khusus logam juga bisa menjadi seorang tenaga ahli dalam perusahaan manufaktur terutama yang menggunakan bahan baku berupa logam. Di sini lulusan teknik jurusan ilmu logam bisa menjadi ahli teknik dalam sektor produksi dan engineering. Banyak juga yang akhirnya dibutuhkan sebagai tenaga QC atau quality control.

Visi, Misi dan Tujuan Prodi Teknik Metalurgi UTS

Visi

“Menjadikan Program Studi Teknik Metalurgi sebagai rumah pembelajaran bagi calon- calon sarjana yang berperan dalam pengolahan sumber daya mineral menjadi mineral bernilai tinggi sebagai solusi kebutuhan mineral global”.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan teknik metalurgi yang sesuai dengan
    perkembangan ilmu pengetahuan.
  2. Mempersiapkan calon sarjana teknik metalurgi yang unggul, dan berdaya saing global.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknik metalurgi yang mempunyai konstribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan
    berkontribusi pada perbaikan kualitas hidup masyarakat.
  5. Menjadikan program studi yang mandiri dalam hal manajemen system keuangan, sarana dan prasarana, sumberdaya manusia, dan administrasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki wawasan yang luas, disiplin dan integritas yang tinggi.
  2. Terciptanya suasana akademis dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) dengan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk mengantarkan mahasiswa agar lebih mandiri dalam pengembangan keilmuan di bidang metalurgi.
  3. Dimilikinya kemampuan dalam pemberdayaan masyarakat melalui
    pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah.
  4. Terselenggaranya penelitian dan pengabdian masyarakat yang mampu memberikan konstribusi pada perbaikan kualitas hidup masyarakat.
  5. Terselengaranya system perancangan dan pengelolaan keuangan yang sehat, transparansi, dan akuntabel.
  6. Memiliki sarana dan prasarana pendukung pendidikan yang memadai untuk pelaksanaan pendidikan.
  7. Terselenggaranya program berkelanjutan untuk pengembangan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Profil Program Studi Teknik Metalurgi

Kurikulum MBKM Program Studi Teknik Metalurgi