Dosen Muda Teknik Pertambangan UTS ikuti KULAP di Kontarktor Batu Bara Terbesar Ketiga di Indonesia

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. Teknik Pertambangan
  6. /
  7. Dosen Muda Teknik Pertambangan UTS ikuti KULAP di Kontarktor Batu Bara Terbesar Ketiga di Indonesia

Banjarmasin, 10 Juli 2023 – Dosen Teknik Pertambangan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Sayidatina Hayatuzzahra, M.Eng., atau yang akrab disapa Yaya oleh mahasiswa dan rekan-rekannya, bergabung dalam kegiatan kunjungan lapangan yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Teknik Pertambangan (FORKOPINDO) bekerja sama dengan PT. Putra Perkasa Abadi (PPA), kontraktor batubara terbesar ketiga di Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen muda Teknik Pertambangan dari 14 universitas di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lapangan para dosen muda Teknik Pertambangan, mengamati, dan mengobservasi penerapan ilmu yang telah dipelajari di universitas dalam operasi pertambangan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperbarui informasi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran di kampus.

Yaya, dosen Teknik Pertambangan UTS, menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini untuk mengikuti kunjungan lapangan bersama rekan-rekan dosen muda dari universitas lain. Melalui kegiatan ini, kami dapat memperluas wawasan dan pengalaman kami di industri pertambangan. Kami berharap pengalaman ini dapat kami terapkan dalam pembelajaran di kampus, sehingga mahasiswa kami dapat memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang praktik pertambangan di dunia nyata.”

Kegiatan kunjungan lapangan ini dilaksanakan pada PT. Putra Perkasa Abadi, tepatnya di site PT. BIB (Borneo Indobatubara) yang terletak di Banjarmasin, Kalimantan. Acara ini berlangsung mulai dari tanggal 7 hingga 9 Juli 2023.

Komponen kegiatan kunjungan lapangan ini terdiri dari beberapa sesi. Sesi pertama adalah pemberian materi mengenai Safety Induction, yang memberikan pemahaman tentang keselamatan di lingkungan pertambangan. Sesi kedua adalah materi mengenai Engineering, dimana para peserta diajak untuk mempelajari kegiatan yang dihandle oleh PT. PPA, seperti Overburden removal, Coal getting, road maintenance, coal hauling, dan lainnya. Sesi ketiga adalah Mining Tour, di mana para peserta berkesempatan untuk mengunjungi area Warehouse dan View Point Utara Site Penambangan.

Hari kedua kegiatan diisi dengan kunjungan ke main office PT. PPA. Para dosen mengunjungi berbagai divisi seperti Mine Planning, Geologi dan Geotek, Drilling dan Blasting, Monitoring Kontrol, Fleet Management, Survey, dan Pemetaan. Di sini, mereka dapat melihat proses perencanaan peledakan dan simulasi menggunakan perangkat lunak, serta mengukur besaran getaran yang ditimbulkan. Para dosen juga berkesempatan mempelajari proses pembuatan Hazard Mapping untuk evaluasi geoteknik, perencanaan lalu lintas tambang, analisis progress tambang, serta proses pelaporan mingguan mengenai kondisi alat, jumlah produksi, dan sebagainya.

Kunjungan lapangan ini merupakan kesempatan yang berharga bagi para dosen untuk mendapatkan pengalaman langsung di industri pertambangan. Mereka dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka, yang akan memberikan kontribusi positif dalam pengajaran dan pembelajaran di kampus.

  • bajak Scatter
  • turbox500
  • mariaTogel
  • turbox1000
  • spaceman
  • ngopibet
  • slot qris
  • scatter hitam